Mengenal Hukum laut Internasional

Mengenal Hukum laut Internasional – Tidak ada badan internasional pusat yang menciptakan hukum internasional publik; itu dibuat oleh beberapa sumber.

Mengenal Hukum laut Internasional

oceanlaw – Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah dokumen pembentukan Mahkamah Internasional (ICJ) sebagai badan peradilan utama PBB. Pasal 38 (1) Statuta Mahkamah Internasional mencantumkan sumber-sumber yang digunakan ICJ untuk menyelesaikan perselisihan sebagai berikut:

1. Majelis hukum, yang gunanya buat menyudahi cocok dengan hukum global bentrokan yang diajukan kepadanya, bakal berlaku:
a) konvensi internasional, baik umum atau khusus, menetapkan aturan yang secara tegas diakui oleh negara peserta;
b) kebiasaan global, sebagai fakta dari praktek biasa yang diperoleh selaku hukum;
c) prinsip- prinsip biasa hukum yang diakui oleh negara- negara berakhlak;
d) tunduk pada ketentuan Pasal 59, ketetapan majelis hukum serta pemikiran dari humas yang sangat berkualifikasi besar dari bermacam negeri, selaku alat pendukung buat penentuan peraturan hukum.

2. Apakah Hukum Laut itu?

Hukum laut terdiri dari aturan-aturan yang mengatur pemanfaatan laut, termasuk sumber daya dan lingkungannya. Hukum laut adalah salah satu subjek utama dari hukum internasional dan merupakan campuran dari perjanjian dan hukum adat yang sudah mapan atau muncul.

Hukum laut meliputi hak, kebebasan dan kewajiban di bidang-bidang seperti pelayaran, laut teritorial dan perairan dan laut lepas, penangkapan ikan, bangkai kapal dan warisan budaya, perlindungan lingkungan laut dan penyelesaian perselisihan.

History of the Law of the Sea Sejarah Hukum Internasional – Koleksi Hukum Laut di HEINOnline mencakup satu set buku sejarah teks lengkap dan publikasi lain tentang Hukum Laut.

3. Hukum Laut: Perjanjian & Dokumen Kunci

Teks lengkap dari United Nations Convention of the Law of the Sea (1982) (UNCLOS) tersedia di situs web Perserikatan Bangsa-Bangsa (akses terbuka). Konvensi juga memiliki situs webnya sendiri, yang berisi informasi latar belakang sejarah, perjanjian pelaksanaan, mekanisme penyelesaian sengketa, dan status Konvensi.

Travaux Préparatoires for the Law of the Sea 1958 (Konferensi Pertama), 1960 (Konferensi Kedua) dan 1973-1982 (Konferensi Ketiga) tersedia di situs web Konferensi Diplomatik PBB (akses terbuka). Travaux Préparatoires adalah dokumen resmi yang mencatat negosiasi, penyusunan, dan diskusi selama proses pembuatan perjanjian. Dokumen-dokumen ini dapat dikonsultasikan dan dipertimbangkan saat menafsirkan perjanjian.

Perpustakaan Audiovisual PBB untuk Hukum Internasional, situs web Law of the Sea mencantumkan perjanjian utama – setiap halaman perjanjian menyediakan teks lengkap dari perjanjian, travaux dan dokumen terkait, informasi tentang sejarah prosedural dan ringkasan pengantar yang berguna (akses terbuka).

Hukum laut: teks resmi Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut dengan lampiran dan indeks: tindakan akhir Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa Ketiga tentang Hukum Laut: materi pengantar tentang konvensi dan konferensi (St. Martin’s Press, 1983). E-book tersedia di HEIN Online (staf UniMelb & akses siswa). Juga tersedia dalam bentuk cetak di Law Library di KC 260 LAW

4. Kasus / Penyelesaian Sengketa

UNCLOS menyediakan empat cara alternatif untuk penyelesaian sengketa: Pengadilan Internasional untuk Hukum Laut (ITLOS), Mahkamah Internasional, pengadilan arbitrase dibentuk sesuai dengan Lampiran VII Konvensi, dan pengadilan arbitrase khusus dibentuk sesuai dengan Lampiran VIII Konvensi.

Negara dapat memilih satu atau lebih dari cara-cara ini dengan pernyataan tertulis yang akan dibuat berdasarkan pasal 287 Konvensi dan disimpan pada Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa. Tabel deklarasi menurut Negara tersedia di situs web Hukum Laut PBB.

Pengadilan Internasional untuk Hukum Laut (ITLOS) adalah badan peradilan independen yang dibentuk oleh UNCLOS untuk mengadili perselisihan dan memberikan pendapat nasehat yang timbul dari interpretasi dan penerapan Konvensi.

Situs web ITLOS (akses terbuka) berisi informasi tentang yurisdiksi dan pekerjaan Pengadilan.
Koleksi ITLOS di HEIN Online (staf UniMelb & akses siswa) mencakup teks, dokumen yang berkaitan dengan pendirian ITLOS, komentar tentang Konvensi dan banyak sumber lainnya.

5. Menemukan Keputusan ITLOS

Kasus ITLOS pertama adalah Kasus M / V “SAIGA” (Saint Vincent dan Grenadines v. Guinea) pada tahun 1997.

6. Penilaian Teks Lengkap dan Pendapat Penasihat

Situs web ITLOS (akses terbuka) berisi tautan ke semua pendapat dan penilaian penasihat dalam kasus-kasus yang diperdebatkan – termasuk semua kiriman, transkrip kata demi kata dari argumen lisan, perintah, siaran pers, foto, dan proses video.

Penilaian dan perintah ini direproduksi dalam seri Laporan Penilaian, Pendapat Penasehat dan Perintah (‘Laporan ITLOS’). Laporan ITLOS harus digunakan untuk tujuan kutipan. Kutipan Laporan ITLOS untuk semua kasus tersedia di situs web ITLOS. Laporan ITLOS tersedia di:

HEIN Online (Staf UniMelb & akses siswa) vols 1 (1997) – 9 (2007)
Platform Buku Online BRILL (staf UniMelb & akses siswa) vol 10 (2008) hingga saat ini

7. Intisari

Intisari Yurisprudensi Pengadilan Internasional untuk Hukum Laut mencakup ringkasan kasus, serta kutipan dari keputusan Pengadilan yang diatur berdasarkan topik.

8. Permohonan, Pengajuan dll

Setiap Kasus dan Pendapat Penasehat di situs ITLOS (akses terbuka) termasuk penyerahan, pernyataan dan dokumen lainnya. Pengadilan Internasional untuk Hukum Laut – Permohonan, Risalah Sidang Umum dan Dokumen / Mémoires, procès-verbaux des audience publiques et documents tersedia di:

HEIN Online (staf UniMelb & akses siswa) vols 1- 14 (1997-2007)
BRILL Buku Online (staf UniMelb & akses siswa) vol 12 (2004) hingga saat ini

9. Law of the Sea – Ensiklopedia Online

Hukum Internasional Publik Oxford (hanya akses staf dan mahasiswa Universitas Melbourne) berisi ikhtisar yang komprehensif dan berwibawa dari semua aspek hukum internasional. Entri disusun menurut abjad berdasarkan topik di bawah subjek hukum laut yang luas.

10. Jurnal & Buku Tahunan

Cara terbaik untuk menemukan artikel ilmiah tentang topik Hukum Laut Anda adalah dengan menelusuri database yang mencakup ratusan jurnal hukum dan buku tahunan. Untuk daftar database yang relevan, lihat Bagaimana menemukan artikel tentang hukum internasional di halaman Jurnal dalam Panduan ini. Jurnal dan buku tahunan terpilih tentang Law of the Sea yang dimiliki oleh Law Library tercantum di bawah ini.

Jurnal Hukum dan Kebijakan Kelautan Asia-Pasifik (vol 1, 2016+)
Jurnal Internasional Hukum Kelautan dan Pesisir (vol 1, 1986+)
Buletin Hukum Laut (vol 1 1983+)
Ocean Yearbook (vol 1 1978+)
Buka Akses Artikel Teks Lengkap

Putusan dalam Kasus Ghana / Pantai Gading dijatuhkan pada tanggal 23 September 2017. Lihat:

Gavouneli, Maria, ‘Delimiting Delimitation: Lessons Learned from the ITLOS Chamber Judgment on the Dispute Concerning Delimitation of the Maritime Boundary antara Ghana dan Côte D’Ivoire in the Atlantic Ocean’ (2017). Tersedia untuk akses terbuka di SSRN.
Yiallourides, Constantinos, ‘Menenangkan Perairan di Wilayah Afrika Barat: Kasus Ghana / Pantai Gading’ (2017) Tersedia dengan akses terbuka di SSRN.

Al Hajjaji, Shams Al Din Ahmed, ‘Tanggung Jawab Pidana untuk Kerusakan Lingkungan: Pengadilan Nasional versus Pengadilan Internasional untuk Hukum Laut’ (2017) 5 Jurnal Hukum Internasional Groningen Tersedia dalam akses terbuka di SSRN.

Guilfoyle, Douglas, ‘Penghargaan Laut China Selatan: Bagaimana Seharusnya Kita Membaca Konvensi PBB tentang Hukum Laut?’ (19 Oktober 2017) Asian Journal of International Law (Akan terbit) Tersedia untuk akses terbuka di SSRN.

11. Organisasi Internasional

Divisi PBB untuk Urusan Kelautan dan Hukum Laut. Divisi ini berfungsi sebagai sekretariat Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut. Situs ini menyediakan akses ke Konvensi dan perjanjian terkait, laporan Sidang Umum dan dokumen lain, informasi tentang penyelesaian perselisihan dan tautan ke materi terkait laut. Dalam Divisi ini terdapat dua badan yang dibentuk oleh Konvensi – Komisi Batas Landas Kontinen (CLCS) dan Otoritas Dasar Laut Internasional, sebuah organisasi internasional otonom yang mengelola sumber daya mineral di Kawasan.

UN Oceans dibentuk untuk meningkatkan kerja sama dan koordinasi di antara sekretariat organisasi internasional yang peduli dengan kegiatan yang berhubungan dengan kelautan. Ini terdiri dari program yang relevan, entitas dan badan khusus dari sistem PBB dan sekretariat dari konvensi internasional yang relevan, termasuk Otoritas Dasar Laut Internasional dan Konvensi Keanekaragaman Hayati. Halaman Aktivitas Antar-lembaga di situs web UN-Oceans menyertakan tautan ke Atlas of the Oceans dan International Coral Reef Initiative.

Organisasi Maritim Internasional (IMO) adalah badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bertanggung jawab untuk meningkatkan keselamatan maritim dan mencegah polusi dari kapal. Ini berfungsi sebagai gudang untuk perjanjian yang terkait dengan keselamatan maritim, polusi laut, kewajiban dan kompensasi, dan konvensi lain yang berhubungan dengan pelayaran. Ringkasan dan informasi ratifikasi tentang konvensi IMO dapat ditemukan di situs web IMO.

Komisi Oseanografi Antarpemerintah dari UNESCO memberikan mekanisme kerjasama global dalam studi laut kepada negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, melalui berbagi pengetahuan, informasi dan teknologi dan melalui koordinasi program-program nasional. Situs ini berisi tautan ke aktivitas IOC di bidang perlindungan lingkungan laut; perikanan dan ekosistem; perubahan iklim; pengamatan dan pemantauan laut; pengelolaan wilayah pesisir; pengelolaan data dan informasi serta mitigasi bencana.

Ocean Law - Informasi dan Bahasan Dunia Tentang Hukum di Laut